Home > kicaumania > Murai Batu

Murai Batu


murai batu
KLASIFIKASI
Phylum/Pembagian Chordata
Kelas Aves
Ordo Passeriformes
Famili Muscipidae
Spesies C. malabaricus
Nama zoologi Copsychus malabaricus

Ciri-ciri fisik : Murai Batu (White Rumped Shama) merupakan salah satu burung berkicau yang cukup terkenal karena kemerduan suaranya. Ukuran tubuhnya sedang, kira-kira 27 cm dan berat sekitar 32 gram. Paruh berwarna hitam tipis dan ukuran kepalanya rata-rata bulat (walau ada beberapa yang berbentuk agak ceper & sedikit lebih tebal). Panjang ekor 15 – 35 cm (tergantung spesiesnya). Terdiri dari 4 helai ekor primer berwarna hitam dan 8 helai ekor sekunder berwarna putih (ada spesies tertentu berwarna hitam semua). Total jumlah ekor ada 12 helai. Individu jantan berwarna hitam pekat berkilau indigo dengan warna dada pada umunya berwarna oranye (ada beberapa berwarna merah marun) sedang individu betina warnanya sedikit lebih pucat dari warna bulu jantan. Bagian pantat dibawah ekor berwarna putih. Ukuran tubuh individu betina sedikit lebih kecil dari individu jantan.

Habitat: Murai Batu biasanya hidup dihutan belantara yang lebat dan dataran rendah sampai 1500 m berpohon rapat.

Makanan di alam: invertebrata kecil dan serangga. Pada umumnya mereka makan serangga seperti belalang, jangkrik, ulet, cacing, ikan-ikan kecil, dan buah jenis tertentu.

Reproduksi: Inkubasi selama 12 – 15 hari. Individu jantan pada umumnya lebih agresif. Setiap hari bertelur sebanyak 1 butir. Jumlah telur dapat mencapai 6 butir. Warna telur putih dengan bintik coklat kemerahan. Pada saat menetas, anak burung (piyik) belum dapat membuka mata. Baru kira-kira setelah 6 hari mata sudah dapat terbuka. Bulu-bulu mereka berkembang dalam waktu 11 hari.

Status konservasi: Masih kurang diperhatikan walaupun populasinya diperkirakan sudah berkurang. Seiring dengan kurangnya hutan belantara yang menyangga habitat mereka.

Usia: Murai batu dapat mencapai usia 10-15 tahun.

Wilayah penyebaran: Philipina, Indonesia, Malaysia, Kamboja, Thailand, Vietnam, Myanmar, Cina dan India.

murai batu aceh

murai batu

BACA JUGA : DISINI

About these ads
Categories: kicaumania
  1. poer
    October 15, 2009 at 21:11 | #1

    manthap

    • husen_bosan
      October 15, 2009 at 21:11 | #2

      Terima Kasih pak Poer…

  2. October 19, 2009 at 21:11 | #3

    saya mau tanya cara merawat murai bakalan,dan cara masteryang bagus n kalau master pake cd gimana.porsi makanan yg baik untuk lomba gimana.saya punya bakalan kalau tarung gaya dah bagus tapi suara blum keluar napa ya?????apa masih terlalu muda,harian dah bagus tp masih takut orang…….thank

    • husen_bosan
      October 19, 2009 at 21:11 | #4

      sip bang,,,
      tuk perawatan coba baca di sini bang…..
      oiya tuk mastering, pake cd bisa bang.

  3. November 5, 2009 at 21:11 | #5

    salam mas, kalau boleh saya minta dikirimkan gambar murai batu unggulan ke Email saya dan cara menjodohkannya ya? hehehhehehehehehehehehehe terima kasih……. pasti mahal………!!!!!!!!

  4. nurul / iwan
    November 12, 2009 at 21:11 | #6

    burng yg sangat cantik dan indah gk bunyi pun tetap nikmat utk dipelihara.

  5. November 17, 2009 at 21:11 | #7

    mantap tuh brow, saya demen yang ginian dan suaranya sangat nyaring

  6. November 18, 2009 at 21:11 | #8

    asik jika bisa mengembangbiakan murai batu

  7. November 18, 2009 at 21:11 | #9

    harga MB sejodoh berapa yach.?
    boleh dong kirim ke mail saya
    setasiun@yahoo.co.id

  8. December 1, 2009 at 21:11 | #10

    dimana ya cari mb asli trah medan?brkl ada teman yg bs ksh info.suwun/

  9. December 12, 2009 at 21:11 | #11

    bagaimana cara memilih murai yang baik untuk lomba

  10. December 16, 2009 at 21:11 | #12

    halu…salam kenal
    nich ada mslh ma MB dirumah
    kenapa ya sayapna kok di gigit mpe putus n solusinya gm????txs

  11. Haizul
    December 20, 2009 at 21:11 | #13

    Salam bang,
    saya adalah peminat burung murai batu, namun di tempat saya ianya dipangill murai cherang. Saya sedang mencari rakaman suara burung ini dalam bentuk audio MP3/wma/ atau sebagainya. Jika saudara ada menyimpanya bolehlah berkonsi dengan saya dengan email.
    Hobi unit membolehkan perkenalan yang unit

  12. budi suhendra
    December 20, 2009 at 21:11 | #14

    mau tanya mas..saya punya Mb,udah gacor bgt,isian pull..tapi jarang stabil. kadang emosinya berlebihan,seolah mau matahin tu jeruji sangkar.saya cuma kasih jangkrik 3 pagi dan 3 sore,mandi 1×2 hari.kroto rabu sama sabtu. apakah Mb saya terlalu birahi. oh ya umur kira2 3-4 tahun. tq mas

  13. AWIT
    December 21, 2009 at 21:11 | #15

    manuk opo?????

  14. Idaman
    January 16, 2010 at 21:11 | #16

    Salam….sy py murai batu ekor hitam. Pd saat dtrek suka ber-putar2 smpai MBnya kelelahan. Dan bulu ekornya rusak. Apa ini suatu penyakit? Klu ya, apa solusinya? Trus gmana caranya milih isian yg cocok utk MB. Thank’s…!!

  15. Slamet Mulyohadi
    January 29, 2010 at 21:11 | #17

    Mas, saya mau tanya mengenai MB saya kenapa tiba 2x jadi malas bunyi dan mulutnya terbuka terus dan napasnya bunyi seperti orang bengek dan kadang 2x seperti burung mau mati /teler ? tolong dijawab ya mas ntar keburu burung MB saya Mati ……..

  16. awit.
    March 3, 2010 at 21:11 | #18

    murai batu anakan brapa z……
    (jantan})

  17. April 20, 2010 at 21:11 | #19

    mas murai batu saya dirumah bunyi terus, tapi digantangan malah terbang nabrak kekandang kanan kiri gak mau keluar isianya, mksh bantuanya mas

  18. Tri Hartono
    April 27, 2010 at 21:11 | #20

    Perkenalkan saya new comer, sengat tertarik banget dgn burung murai batu, dimana bisa beli murai batu medan yg masih anakan, dan kira2 harganya berapa ya..??

  19. Budi Oetomo
    April 28, 2010 at 21:11 | #21

    mas, murai batu saya setelah ganti bulu kok jadi jarang bunyi kenapa ya??
    bunyinya cuma sesekali pada saat subuh saja..

    tolong bantuanya.. thax

  20. EDY
    May 12, 2010 at 21:11 | #22

    bos,ada tak rakaman mp3 bunyi murai cherang?

  21. May 12, 2010 at 21:11 | #23

    kapan kita latihan bareng?

  22. erwin
    May 18, 2010 at 21:11 | #24

    bos di jual ga murai batu ekor panjang kayak di gambar.
    klo ya berapa harganya.

  23. jarrypendita
    October 7, 2010 at 21:11 | #25

    sesiapa nak beli murai batu???????

  24. October 10, 2010 at 21:11 | #26

    Tman2,ada gx yg mw bli murai batu saya,7 juta,15 piala kontes 7 provinsi.17 piala kontes 12 kabupaten di 5 provinsi.ada yg mw?isian full.bisa nyanyi kalau di dekati orang.jinak.

  25. March 17, 2011 at 21:11 | #27

    …….?

  26. dimas
    September 26, 2011 at 21:11 | #28

    berapa harga murai yang bisa nyayi kaya syahrini ane beli 100jt nak perlu nawar, thxs

  27. trihartanto
    May 15, 2012 at 21:11 | #29

    muray apaan tuch bisa nyayi kaya syahrini. nanti kesinggung di samain murai syahrininya. ha ha ha

  28. February 25, 2014 at 21:11 | #30

    Terima Kasih infonya..
    salam kenal..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: